Pelaksanaan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Mengembangkan Potensi Kewirausahaan Melalui Peluang Usaha Produksi Jangkrik Guna Meningkatkan Ekonomi Keluarga.

 

Dosen Pendidikan Ekonomi FKIP Unswagati Arie Indra Gunawan, S.Pd., MM dan Rusdiyana SPd., M.Pd. melaksanakan  pendampingan dan sosialisasi peluang usaha praktik sederhana produksi Jangkrik pada tanggal, 15 dan 17 November 2018 di Desa Pilangsari Kec. Kedawung Kab. Cirebon merupakan aplikasi dari unsur Tri Darma Perguruan Tinggi yang harus dilaksanakan oleh segenap Civitas akademikan Unswagati.

Mengingat pembangunan masyarakat tergantung kepada kehidupan keluarga yang menjadi bagian inti dari masyarakat, keluarga memiliki nilai strategis dalam pembangunan nasional serta menjadi tumpuan dalam pembangunan manusia seutuhnya. Sedangkan masalah yang kita hadapi saat ini masih banyaknya keluarga di Indonesia yang berada dalam kondisi prasejahtera, kewajiban kita semua untuk meningkatkan mereka sehingga mencapai keluarga sejahtera. Kegiatan PKM ini dilakukan dengan metode Strategi Tradisional, aksi langsung, dan transformatif. Yang berfokus kepada (1). Mensosialisasikan potensi usaha produksi jangkrik. (2) Membekali masyarakat sebuah pengetahuan dan kemampuan praktis sehingga mereka dapat melakukan kegiatan ekonomi produktif. (3) Memberikan kemudahan kepada masyarakat yang tertarik melakukan usaha produksi jangkrik melalui Dana bergilir. by.rdy